Sabtu, 19 April 2008

8 Langkah Belajar Tanpa Stres


1. Setiba di rumah dari sekolah, santai-santai saja dahulu. Relaks dan tenangkan diri dulu sebelum mengerjakan pe-er.
2. Kalau ada tugas rumah harian yang harus kamu kerjakan, langsung kerjakan saja. Selesaikan dulu tugas-tugas ini. Kalau sudah, kamu bisa belajar tanpa gangguan. Kalau tugas rumahmu menyita waktumu untuk mengerjakan pe-er, rundingkan dengan kedua orangtuamu. Mungkin kamu bisa mengerjakan sebagian tugas rumah itu saat akhir pekan, atau mengerjakan bersama saudaramu, atau menukarnya dengan tugas lain yang nggak begitu menyita waktu.
3. Belajarlah di satu tempat setiap hari. Sebuah tempat yang tenag, kalau mungkin. Jangan belajar diatas tempat tidur. Kalau kamu ngotot melakukannya, kamu akan ketiduran. Duduklah menghadap meja tulis.
4. Siapkanlah semuanya sebelum kamu mulai belajar. Buku, pensil, pulpen, kalkuator, buku referensi, kertas, dan lain-lain. Bolak-balik berdiri untuk mengambil barang akan mengacaukan keruntutan pikiranmu.
5. Singkirkan barang-barang yang akan mengganggu konsentrasimu dari meja. Singkirkan game, teka-teki, majalah, atau mainan. Kalau kamu punya komputer, matikan internermu. Kalau kamu mematikan internetmu, kamu nggak akan tergoda untuk berselancar di dunia maya.
6. Kerjakan tugas yang paling mudah dan paling mengasyikkan terlebih dulu. Hal ini mungkin berlawanan dengan sebuah rumus yang mungkin pernah kamu dengar sebelumnya−−yaitu mengerjakan tugas yang paling berat dulu. Tapi, kalau waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas yang paling mudah nggak lama, mengerjakannya terlebih dulu akan membuat suasana hatimu nyaman untuk belajar. Plus kamu sudah menyelesaikan satu tugas saat harus mengerjakan tugas yang sulit.
7. Beristirahatlah sejenak kalau kamu merasa jenuh atau lelah. Rentangkan badan, berjalan-jalanlah, atau ngemil.
8. Traktir dirimu sendiri tiap kali berhasil merampungkan sebuah tugas. Telepon temanmu, bermainlah lempar gelang, atau dengarkanlah lagu kesayanganmu. Lakukan sesuatu yang kamu sukai. Kamu berhak mendapatkannya.

Tidak ada komentar:

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us