Sabtu, 26 April 2008

17 Cara menghadapi Stres

Stres tidak selalu “berada di dalam kepalamu”. Ia adalah reaksi secara fisik atas sesuatu yang terjadi di dalam kehidupanmu—stres di sekolah, stres di lingkungan sosial, atau perubahan secara fisik, emosi, batin, dan tantangan-tantangan menjadi seorang remaja. Terlalu banyak tekanan bisa menimbulkan masalah dalam kesehatanmu, tidak bisa tidur, dan masalah dalam hubunganmu dengan orang-orang di sekitarmu. Cobalah kiat-kiat berikut ini untuk mengeluarkan, mengurangi, atau bahkan mencegah munculnya stress.

1. Selalu aktif. Berolahraga akan membangkitkan semangatmu dan akan menolongmu untuk menjadi lebih tenang.
2. Makan dengan benar. Tubuh yang sehat dan selalu terjaga makanannya merupakan modal yang kuat dalam melawan stres.
3. Hindari kafein. Kafein bisa membuatmu gelisah dan tegang.
4. Tidur yang cukup. Sungguh sulit menghadapi stres kalau kamu merasa capek dan lelah.
5. Ungkapkan perasaanmu. Diskusikan perasaanmu. Tulislah apa yang kamu rasakan. Memendam atau tidak mengacuhkan perasaanmu bisa menambah tingkat stres yang kamu hadapi.
6. Tertawa. Tertawa akan mengurangi stres.
7. Tahu cara untuk bersantai. Belajar dan latihlah teknik-teknik bersantai—bernafas dalam-dalam, meditasi, menegangkan dan melenturkan otot-ototmu—dan berbagai macam cara lain untuk menenangkan diri saat stres datang menyerang.
8. Biasakan rapi. Buatlah tempat untuk semua barangmu dan letakkan semua barang itu di tempatnya. Kamu tidak akan merasa stres saat mencoba mengingat-ingat di mana kamu menyimpan bukumu, kunci-kunci, atau barang lainnya yang kamu butuhkan sekarang juga.
9. Sederhanakan. Apakah kamu terlalu banyak kegiatan? Buatlah prioritas tentang aktivitas yang akan kamu lakukan. Mulailah untuk mengatakan tidak. Sisihkan waktu untuk dirimu sendiri—untuk hal-hal yang ingin kamu lakukan. Bahkan termasuk waktu untuk tidak melakukan apa-apa.
10. Bangunlah hubungan yang akrab. Anggota keluarga dan teman-temanmu bisa menjadi pendukung saat keadaan mulai mendatangkan stres.
11. Jadilah seorang perencana. Belilah sebuah kalender dan tulislkan proyek-proyek yang akan kamu kerjakan, tentukan tanggal-tanggal dan hal-hal penting. Buatlah jadwal pekerjaan rumah dan waktu belajar yang sesuai denganmu. Perencanaan bisa membuatmu merasa lebih punya kontrol atas hidupmu.
12. Bicarakan permasalahanmu. Temukan seseorang yang kamu percayai dan bisa kamu ajak curhat. Bagilah permasalahanmu. Minta pertolongan saat kamu membutuhkannya.
13. Jangan panik karena hal-hal yang kecil. Coba tentukan hal apa saja yang benar-benar berarti dan biarkan saja hal-hal lainnya.
14. Carilah sikap yang baru. Cobalah lihat berbagai permasalahan dan tekanan yang kamu hadapi dari sudut pandang yang lain. Belajarlah untuk menerima hal-hal yang tidak bisa kamu ubah.
15. Maafkanlah kesalahan-kesalahan yang kamu buat. Apakah kamu terlalu keras pada dirimu sendiri setiap kali kamu membuat kesalahan? Katakan kepada dirimu sendiri bahwa kesalahan-kesalahan itu adalah sarana pembelajaran diri. Paling tidak kamu menjadi tahu apa yang tidak boleh dilakukan di masa depan.
16. Jadilah dirimu sendiri. Mencoba untuk menjadi sesuatu atau seseorang yang lain dengan dirimu bisa menambah stres.
17. Berbahagialah dengan apa yang kamu punyai sekarang ini. Daripada memikirkan tentang semua hal yang kamu inginkan, pikirkanlah tentang hal-hal yang kamu miliki. Mungkin semua itu sudah cukup.

Tidak ada komentar:

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us