Sabtu, 26 April 2008

10 Cara Mendobrak Kebuntuan Saat Menulis

Tugas mengaranmu harus diserahkan besok, tapi kamu.....nggak....bisa.... menulis....satu....kata....pun. Lantas bagaimana...??

1. Jangan panik!! Luangkan waktu beberapa menit membaca buku kartun, bagian berisi komik di surat kabar, atau cerita konyol. Hal ini bisa menghalau kebuntuan pikiranmu dan suasana pun siap untuk menulis.
2. Menulis dengan bebas. Letakkan ujung pulpen ke atas kertas (atau jemarimu ke atas keyboard) dan tulis apa saja. Bahkan kalau kalimatmu berbunyi ”Tolong! Pikiranku buntu, aku nggak bisa ngarang! Tolong! Oh, tolong!” teruslah menulis selama 5-10 menit.
3. Lupakan soal tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan semua aturan lain. Kamu bisa memperbaiki hasil karanganmu nanti.
4. Salin beberapa paragraf atau halaman dari buku favoritmu. Atau tirukan gaya menulis pengarang favoritmu.
5. Bacakan hasil karanganmu pada cermin, kucing atau anjing, keluargamu, adikmu yang masih bayi, orangtuamu, atau temanmu. Rekam dalam tape recorder. Lalu, tulis ide utama yang baru saja kauucapkan dengan keras, atau tuliskan apa saja yang sudah kamu rekam.
6. Gambarlah kebuntuan pikiran yang kamu alami. Gunakan imajinasimu. Nggak usah pusing dengan bentuk gambarmu, yang penting gambarlah. Tindakan menggambar ini menjadikan ”keseluruhan otakmu” bekerja dan merangsang pemikiran kreatif.
7. Tulis bagian akhir terlebih dulu. Atau bagian tengah. Kamu nggak harus mulai dari bagian awal. Tapi begitu kamu sudah mulai menulis, akan jauh lebih mudah untuk menulis cerita selanjutnya.
8. Tulis daftar kata-kata dan ide kunci. Tulis kata-kata dan ide yang berhubungan dalam bentuk percabangan di sekitarnya.
9. Bergeraklah di seputar ruangan. Regangkan tubuhmu. Berjalan-jalanlah. Melompatlah sambil merentangkan kaki dan tanganmu. Gerak-gerakkan tangan dan bahumu. Menarilah.
10. Rileks! Melamunlah selama beberapa menit. Lakukan meditasi ringan. Istirahatlah. Semakin kamu mencemaskan soal kebuntuan yang kauhadapi, semakin buntu pikiranmu jadinya, dan kamu akan semakin sulit menulis.

Tidak ada komentar:

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us