Sabtu, 26 April 2008

16 Cara yang Aman untuk Menahan Kantuk

Kamu harus menyerahkan makalahmu besok jam 8 pagi. Atau kamu harus belajar untuk ujian besok, dan buku pelajarannya.....sangaaaat...... membosankan....zzzzzz. Tahan keinginan untuk membuat secangkir kopi atau meminum air soda berkafein tinggi. Cobalah satu atau beberapa ide kreatif berikut ini:

1. Lakukan sit-up atau lompat tali, angkat kaki atau meremas tangan. Berlarilah di tempat. Lakukan jalan cepat. Bergoyanglah. Olahraga akan membuat jantungmu berdebar lebih keras dan melancarkan aliran darah yang kaya oksigen.
2. Gosoklah tangan, lengan, kaki, dan wajahmu―ini juga cara untuk melancarkan peredaran darah.
3. Makanlah sesuatu yang renyah. Cobalah biskuit dan keju, sepotong apel, biji bunga matahari (kwaci), atau sebatang seledri dengan selai kacang. Hindari makanan kecil yang manis.
4. Minumlah air atau juice dalam jumlah banyak.
5. Meditasi. Temukanlah tempat yang nyaman untuk duduk; tegakkanlah tubuhmu, tataplah bidang kosong di dinding, atau tutuplah matamu; bernafas dengan pelan, dalam dan dengan irama yang konstan; dan pikirkan kata atau kalimat pendek yang sama berulang-ulang. Lakukan sekitar sepuluh menit dan rasakan kelegaan dalam pikiranmu.
6. Dengarkanlah musik yang menari, lebih baik lagi jika tanpa lirik. Bekerja sambil mendengarkan musik akan meningkatkan konsentrasimu meredam suara-suara yang lainnya.
7. Nyalakanlah lampu atau nyalakan lampu tambahan. Cahaya yang semakin terang semakin baik untuk orang yang sedang mengantuk.
8. Ambillah istirahat selama 15 menit. Teleponlah seorang teman dan ajaklah ia mengobrol. Cobalah bermain video game. Atau Internet. Atau apa pun.
9. Pikirkan sebuah gagasan yang tetap membuatmu terjaga. Daripada berpikir ”Aku sangat mengantuk..... aku nggak tahan lagi... bosan sekali rasanya... aku harus tidur.” cobalah, ”Aku tidak akan menyerah. Aku akan terus terjaga. Aku akan mencoba untuk terus terjaga. Aku sudah bangun!”
10. Bacalah keras-keras bacaan yang tengah kamu hadapi atau pelajari.
11. Kunyahlah permen karet. Tiuplah balon-balon dari permen karet.
12. Mandilah dengan air dingin atau menyeburlah ke kolam renang.
13. Bukalah jendela, khususnya jika di luar cuaca sedang sangat dingin.
14. Masukkan es batu ke dalam celanami.
15. Minumlah air yang mengandung soda, lalu sendawakan urutan abjad.
16. Bila kamu sudah tidak bisa membuka matamu lagi, nyalakan alarm jam untuk setengah jam atau satu jam mendatang, dan tidurlah sejenak. Bahkan tidurlah sejenak saja bisa menyegarkan otakmu dan tubuhmu.

Tidak ada komentar:

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us