Sabtu, 19 April 2008

16 Manfaat Mengerjakan Pe-er

Kebanyakan guru memberi pe-er bukannya untuk menjadikan hidupmu sengsara. Pe-er sebenarnya baik buatmu. Ini dia 16 alasannya.
1. Pe-er mengasah ilmu yang sudah kaudapat di sekolah. Pe-er memungkinkanmu mengingat kembali fakta, ide, dan keterampilkan mungkin sudah kaulupakan.
2. Pe-er melatih keterampilan yang belum sepenuhnya kamu kuasai atau kamu mengerti.
3. Pe-er memberimu kesempatan untuk menjelajahi subjek-subjek secara mendalam dan mendetail.
4. Pe-er memperkaya bank pengetahuan umum dalam otakmu. Pengetahuanmu bertambah luas dan kamu bisa belajar hal-hal baru.
5. Pe-er meningkatkan disiplin dan tanggung jawab diri.
6. Pe-er memberimu kesempatan menjadi kreatif.
7. Pe-er membantumu mempelajari keterampilan manajemen waktu.
8. Pe-er merupakan dispensasi dari tugas-tugas yang menyita waktu untuk diselesaikan selama jam-jam sekolah reguler.
9. Pe-er membantumu menyiapkan diri untuk menerima pelajaran berikutnya.
10. Sebagian pe-er memperkenalkan materi yang terdapat dalam pelajaran berikutnya. Pe-er memungkinkanmu mempersiapkan materi baru lebih awal.
11. Sebagian pe-er memaksamu untuk menerapkan keterampilan yang sudah kamu kuasai dalam situasi baru. Melalui pe-er kamu jadi sadar bahwa apa yang sedang kamu pelajari memiliki aplikasi yang lebih luas.
12. Beberapa jenis pe-er―seperti meringkas buku, tugas-tugas ilmiah, dan menulis kreatif―mengharuskanmu menerapkan berbagai keterampilan untuk menyelesaikan satu tugas. Ini adalah latihan yang bagus dalam segala situasi.
13. Pe-er memberimu latihan untuk menggunakan sumber-sumber pengetahuan.
14. Pe-er bisa menyatukan banyak orang. Kalau kamu menemui jalan buntu dalam mengerjakan suatu, cobalah minta bantuan orang tuamu. Hal ini memberi kesempatan bagi mereka untuk belajar lebih tahu apa saja yang kamu pelajari di sekolah.
15. Pe-er bisa membantumu mengembangkan kebiasaan baik dan perilaku positif.
16. Pe-er meningkatkan rasa cinta belajar.

TAPI.....jangan sampai pe-er menyita seluruh waktumu diluar sekolah. Jangan sampai kamu merasa cemas, letih, frustasi, dan tertekan. Jangan sampai gara-gara pe-er, kamu nggak sempat berkumpul dengan keluarga dan teman-temanmu, atau nggak sempat melakukan hal-hal lain yang penting bagimu. Jangan sampai kamu menganggap pe-er sebagai ”kewajiban” yang membosankan. Pe-er nggak boleh diberikan sebagai hukuman. Pe-er benar-benar baik buatmu! Kalau menurutmu pe-ermu sudah terlalu banyak, atau kamu diberi pe-er yang nggak sesuai, bicaralah dengan kedua ortumu. Bicarakan dengan gurumu.

Tidak ada komentar:

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us