Sabtu, 19 April 2008

7 Kunci Sukses di Sekolah

Judy Galbraith dan Jim Delisle telah melakukan survey dan mewawancarai ribuan siswa di seluruh negeri dan di seluruh penjuru dunia. Mereka mendapati para siswa yang berhasil―Mereka yang sukses di sekolah dan menikmati sekolahnya―Memiliki sifat yang sama. Mana sifat yang kamu punya?
1. Kamu yakin betul bahwa kinerja dirimu adalah tanggung jawabmu sendiri. Kamu nggak menyalahkan orang lain kalau nilaimu ceblok (misalnya: ”Guru biologiku yang sekarang payah, sih”), dan kamu nggak memuji orang lain atas kesuksesan yang kamu raih (misalnya: ”Nilai sejarahku bagus karena gurunya suka padaku”).
2. Kamu berpendapat bahwa sekolah itu penting, tapi bukan yang paling penting. Kamu memberi ruang dan waktu untuk lebih menikmati aspek-aspek sosial yang lebih bersifat dewasa―teman, kegiatan luar sekola, bersenang-senang.
3. Kamu paham betul bahwa sekolah nggak 100% mengasyikkan. Kamu bisa menerima bahwa sekolah bisa juga membosankan, membuat kepala pening, dan menyebabkan frustasi.
4. Kamu memandang dirimu sendiri sebagai sosok yang kompeten dan mampu.
5. Kalau dalam suatu mata pelajaran kamu nggak mendapatkan nilai seratus, kamu nggak mengganggap hal itu sebagai kegagalan.
6. Kamu nggak begitu menekankan arti penting kesuksesan.
7. Kamu sadar bahwa membuat kesalahan adalah bagian dari proses belajar dan bertumbuh. Kamu nggak terus menangisi kesalahan yang telah kamu buat atau menjadi lesu gara-gara kesalahan tersebut.

Tidak ada komentar:

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us