Rabu, 30 April 2008

7 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Depresi

Depresi itu lebih dari perasaan sedih atau muram. Lebih dari perasaan bete yang bertahan beberapa hari. Perasaan ini akan terus terasa, mempengaruhi emosi, tubuh, pemikiran, dan tingkah lakumu. Kalau kamu telah jatuh kedalam lubang yang dalam dan gelap tanpa adanya jalan keluar, kamu mungkin sudah merasa depresi―sebuah penyakit mental yang bisa disembuhkan. Inilah saatnya kamu memerlukan pertolongan profesional. Kamu juga bisa menolong dirimu sendiri.

1. Lakukan olahraga. Olahraga memengaruhi zat kimia di dalam otakmu, dan zat kimia di otakmu ini banyak berhubungan dengan depresi. Olahraga melepaskan zat kimia yang disebut endorfin yang akan membuatmu bersemangat. Endorfin akan mengangkat semangatmu, membuatmu lebih bergairah, dan bahkan mungkin akan membuatmu tidur lebih nyenyak. Semakin banyak kamu berolahraga, maka semakin baik perasaanmu.
2. Beristirahatlah. Meluangkan waktu untuk beristirahat adalah salah satu cara untuk membersihkan pikiranmu, mengisi ulang batere-mu, dan mengembalikan kesehatanmu. Istirahat dari berbagai macam aktivitasmu, dan luangkan waktu untuk beristirahat selama 15-30 menit setiap beberapa jam setiap hari.
3. Bersenang-senanglah. Saat kamu tertawa, kamu akan merasa lebih baik dan bahagia. Sungguh suatu cara yang baik untuk sementara melupakan beberapa gejala depresi dan menjaga semangatmu sementara kamu mencoba untuk bangkit. Habiskan waktu dengan seorang teman untuk bersenang-senang. Tidak ada salahnya kamu tertawa sendiri saat membaca buku yang lucu atau menonton film atau acara tv yang kocak.
4. Makanlah makanan yang sehat. Makanan yang sehat akan menjadikan tubuh dan pikiranmu sebagai modal untuk tetap sehat dan kuat. Kamu akan merasa lebih baik kalau banyak minum air putih setiap harinya. Air akan menghilangkan dahaga, menyegarkan tubuhmu, dan menguras bersih sistem tubuhmu. Mulailah hari-harimu dengan sarapan yang sehat. Minumlah multi-vitamin untuk membantu program makanmu. Hindari kafein. Janganlah minum alkohol dan obat-obatan terlarang lainnya. Baik juga kalau kamu suka ngemil kwaci―biji bunga matahari dan biji semangka. Makanan ini mengandung zat anti-depresi yang disebut tryptophan.
5. Bicarakan masalahmu. depresi menyebabkan perasaan yang menyakitkan seperti kesedihan, amarah, dan keputusasaan. Kamu mungkin menghindari orang-orang yang menyayangi dirimu karena kamu merasa bahwa mereka tidak akan mengerti apa yang sedang kamu alami. Sebenarnya, salah satu cara yang paling baik untuk menghadapi emosi-emosi yang menyakitkan dan mulai menyembuhkan diri adalah dengan berbicara pada seseorang yang bisa kamu percaya. Membicarakannya akan membantumu mendapatkan sudut pandang yang baru. Kamu akan melihat bahwa kamu tidaklah sendirian seperti yang kamu pikirkan.
6. Tetaplah dengan program rehabilitasimu. Kalau kamu sedang ikut terapi, atau minum obat, atau keduanya, bertahanlah dengan program rehabilitasi itu. Ini hal paling penting yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa menjadi lebih baik dan sehat kembali. Buatlah sebuah komitmen untuk mengikuti program rehabilitasimu ini selama jangka waktu tertentu—sebagai contoh, selama 4 minggu. Selama waktu itu, tetaplah berhubungan dengan konsultan profesional kesehatanmu, yang bisa menyesuaikan programmu dengan kondisi dirimu. Menetapkan dan meraih tujuan-tujuan tertentu akan menolongmu merasa lebih punya kontrol atas program rehabilitasi dan kehidupanmu.
7. Terus semangati dirimu. Saat kamu merasa depresi, sebuah ruangan di dalam dirimu terasa kosong. Ruangan ini berfungsi menyimpan semangat jiwamu. Ia memerlukan perhatian juga. Cobalah menuliskan pemikiran dan perasaanmu di dalam sebuah buku harian, memainkan alat musik, menyanyi, menulis puisi, berjalan di pantai atau di taman, menyisihkan waktumu untuk kegiatan sosial, mengumpulkan barang-barang yang kamu cintai, mengunjungi museum atau pameran seni, melukis, menetapkan sebuah tujuan, atau mengucapkan doa. Atau melakukan sesuatu yang menggunakan kreativitasmu dan meningkatkan rasa percaya dirimu.

Tidak ada komentar:

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us