Minggu, 20 April 2008

10 Kiat Menghadapi Ujian

Malam menjelang ujian:

1. Kumpulkan semua barang yang menurutmu akan kamu perlukan dan yang boleh dibawa selama ujian. Kertas? Pulpen atau pensil favoritmu? Buku referensi? Kalkuator? Catatan? Apa lagi?
2. Baca kembali catatan dan materi ujian dengan cepat. Lalu habiskan waktu untuk melakukan kegiatan favoritmu. Nonton film, jalan-jalan dengan teman atau keluarga, berolahraga.
3. Putar jam weker dan tidurlah dengan tenang.

Pagi hari:

4. Sarapan pagi yang menyehatkan. Hindari makanan kaleng, makanan yang mengandung gula, pemanis buatan , dan kafein. Makanlah buah dan sayuran segar.
5. Siapkan kudapan ringan untuk dibawa selama ujian, kalau makan diperbolehkan. Tambah lagi buah dan sayuran segar, kue muffin, sandwich−jangan bawa permen.
6. Kalau masih sempat, berolahragalah. Dengan olahraga, darahmu akan mengalir lancar dan otakmu bertambah tajam.
7. Buat rencana untuk melakukan kegiatan yang mengasyikkan pada siang hari seusai ujian atau malam harinya, sebagai hadiah karena telah ikut ujian.

Satu jam menjelang ujian:

8. Kalau mungkin, lakukan kegiatan yang kamu sukai agar kamu rileks. Belajar tergesa-gesa pada menit-mienit terakhir menjelang ujian biasanya lebih menegangkan dan bukan malah membantu.
9. Rencanakan untuk tiba di tempat ujian lebih awal. Santai saja ketika melangkahkan kaki ke tempat dudukmu.
10. Kalau kamu merasa tegang, gunakan bisikan positif. Misalnya: “Aku sudah siap, kok. Aku pasti bias. Aku sudah cukup istirahat dan siap. Aku berada pada kondisi puncakku.”

Tidak ada komentar:

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us